Cara Mengelola File ISO di Linux Ubuntu dengan mudah

File ISO adalah file image yang mendukung pembuatan data ataupun virtual disk dengan menggunakan CD atau DVD , biasanya berformat iso, nrg, ccd, cso dan beberapa format lain. Cara mengelola File ISO di Linux Ubuntu ini berbeda jauh dengan installasi dan pengelolaannya di Windows.

Dengan format file bertipe iso, Anda dapat menyimpan banyak file dalam satu format dengan sistem yang sama disetiap folder dan dapat juga digunakan untuk kompress file image. Anda dapat mengelola file iso ini dengan software Master ISO. Penggunaannya adalah sebagai berikut :

1. Download terlebih dahulu Master ISO dengan cara ketik :
sudo apt-get install isomaster
2. Tunggu sampai proses selesai, setelah selesai anda buka ISO Master di Applications – Sound & Video – ISO Master, berikut tampilannya:

3. Kemuidan anda dapat membuat, mengextract, dan mengedit file ISO yang anda inginkan.

Salah satu software lain pembuat File ISO adalah Furius ISO Mount, nanti akan dijelaskan cara menggunakannya.
Aplikasi ini sama fungsinya seperti Ultra ISO dan Daemon pada Windows, yaitu membuat virtual CD dengan melakukan mount pada file iso. Penggunaanya adalah sebagai berikut:
1. Download Furius ISO Mount
sudo apt-get install furiusisomount
2. Tunggu sampai proses download dan installasi selesai, setelah selesai anda dapat membuka Furius ISO Mount di Aplication – Accessories – Furius ISO Mount, berikut tampilannya:
3. Pilih berkas file yang ingin anda jadikan virtual CD, kemudian pilih Mount, dan anda dapat melihat hasil mount di /home/user/namafile.


CLI/Terminal
Cara lain untuk melakukan mount iso yaitu dengan menggunakan perintah pada CLI atau terminal, berikut ini adalah langkah-langkahnya :
1. Buat directory baru pada folder mount sebagai folder untuk tempat mounting
asus@asus:~$ sudo mkdir -p /mnt/disk
2. Mount file ISO yang anda punya
asus@asus:~$ sudo mount -o loop file1.iso /mnt/disk/
Perintah tersebut untuk melakukan mount file.iso ke dalam folder /mnt/disk/
Semoga membantu dan selamat mencobanya.

Referensi : Asus 87

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar