Panduan SEO (Search Engine Optimization) dan Beberapa kesalahan yang sering dilakukan

Setelah beberapa hari lalu saya posting Rahasia Lengkap tentang SEO ( Search Engine Optimization ). Kali ini saya akan meneruskan Jilid ke 2 nya dalam Panduan SEO ini. Sebagai seorang designer atau developers sering kali Anda membuat kesalahan yang tidak perlu dilakukan untuk mengembangkan web atau blog anda. Berikut adalah beberapa kesalahan yang hampir 62% dilakukan oleh designer blogger.

1. Splash Page

Ketika Anda menampilkan sebuah iklan kosong dengan gambar yang besar dengan sebuah link "Click Here to Enter" atau "Click Disini" dengan efek kelap kelip pada banner nya ini adalah kesalahan yang cukup besar.  Karena, akan membuat spider menelusuri link yang berada di iklan tersebut sehingga tidak berarti apa-apa untuk Search Engine.

Search Engine akan membaca setiap halaman depan atau Homepage sebuah web atau blog, jadi lebih baik menaruh sesuatu widget yang tidak perlu itu jagan di halaman homepage. Sebab, malah akan membuat web Anda tidak ditemukan oleh Spiders Search Engine.

2. Penggunaan Menu atau Tombol Flash

Hampir setiap blogger mengedit menu ataupun text dan lainnya dengan efek flash, kelap kelip, roll over atau lainnya sehingga terlihat lebih bagus dan menarik. Tetapi tunggu dulu, teknik yang Anda lakukan seperti itu, tidak akan sama sekali dilihat oleh Search Engine. Lebih buruk lagi apabila semua link yang ada didalamnya tidak akan ditelusuri lagi oleh Spiders nya Search Engine. Tentu akan membuat Anda kehilangan pengunjung sama sekali.

3. Penggunaan Image dan Content Flash

Hampir sama seperti diatas, Search Engine pun tidak menyukai sebuah Image atau Gambar yang berisikan link ke sebuah halaman yang ada di blog kita. Padahal teks yang ditulis oleh Anda di postingan tersebut sangatlah penting. Namun apabila Anda menggunakan efek flash pada gambar ataupun text anda maka Search Engine pun tidak akan menyukainya.

4. Panggunaan Fasilitas AJAX secara berlebihan
Ajax merupakan fasilitas script yang sering digunakan dalam web atau blog kita. Contohnya adalah ajax.googleapis.blablabla/. Sebenarnya hal ini tidak perlu sering dilakukan atau bahkan sama sekali tidak perlu dilakukan. Sebab, content AJAX selalu dipanggil secara dinamis (langsung menuju website), dan hal ini tidak ditelusuri oleh Spider dan mengakibatkan content tidak terindex oleh Search Engine.

5. Panggunaan Anchor Text yang sama pada setiap artikel
Setiap kali saya melihat sebuah blog sesorang, sering kali saya melihat penggunaan text Click Here, Klik Disini, Download Disini, Baca Selangkapnya, Read More dan lainnya. Dari contoh text tersebut, Sebaiknya tidak perlu Anda lakukan. Apabila Anda ingin menunjukkan sebuah halaman anda memiliki Artikel yang sangat penting dan ingin dilihat leh Search Engine maka gunakanlah link yang merujuk ke halaman tersebut. Bukan menggunakan tulisan seperti tadi lalu diberi link.

Anda dapat melihat contoh di blog saya ini, Penggunaan Read More di blog ini, saya ubah menjadi Baca Selengkapnya > Panduan SEO (Search Engine Optimization). jadi Search Engine akan menemukan kata Baca Selengkapnya Panduan SEO blablabla.

Berikut ini adalah contoh salah satu artikel saya terindex dengan tepat dan sangat baik di Search Engine Google, padahal blog ini baru saya buat sebulan yang lalu namun telah mengalahkan web dan blog lain yang jauh sudah terkenal.

Dalam pencarian dengan kata " emulator ps 2 dan ps 3 " saya berada di halaman pertama posisi ke 4 dan lebih hebatnya lagi adalah mengalahkan 11.400.000 artikel yang sama dari semua blog atau web lain. Anda dapat melihatnya di bawah kotak search engine pada gambar diatas. Itulah pentingnya menjaga sebuah keyword dan content Anda agar lebih cepat terindex oleh Search Engine.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar