Tips Mempercepat Proses Booting dan Shutdown Komputer Anda

Booting adalah proses penghidupan atau bekerjanya sistem komputer berdasarkan prosedur dan didahului dengan pengenalan Hardware. Shutdown adalah proses penghentian program dan sistem yang sedang aktif dan running serta menonaktifkan fungsi sumber daya yang terjadi di dalam sistem komputer.

Dari proses keduanya tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 37detik untuk Booting normal dan 12detik untuk proses Shutdown normal. Nah, untuk mengoptimalkan agar prosesnya dapat berjalan dengan cepat. Teman-teman dapat melakukan tips berikut ini.

1. Boot defragment
Dalam system, boot defragment secara default adalah enable. Apabila pada system computer anda tidak enable, maka ubahlah menjadi enable.
Untuk merubah menjadi enable ;

masuklah ke regedit > pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction, ubah Enable string value menjadi “Y”. Setelah itu keluarlah dari regedit, kemudian restart. Rasakan perbedaannya setelah restart. Bagaimana ada perubahan ???
Pada beberapa situs menganjurkan untuk menghapus file prefetch yang terletak di C:\WINDOWS\Prefetch seminggu sekali.

2. Mengatur BIOS untuk mempercepat start up.
    Ketika kita menghidupkan computer, secara prosedur diawali dengan pengaturan BIOS sebelum memulai windows. Jadi jika kita mengatur nya maka proses start up juga bisa lebih cepat. Untuk masuk ke BIOS biasanya dilakukan dengan menekan tombol delete, F1 atau F10 di keyboard selama proses start up. Ini berbeda -beda tergantung jenis laptop dan BIOS masing masing.

Quick Power On Self Test (POST)
Jika kita pilih ini maka system akan berjalan lebih lama, dibandingkan dengan keadaan normal.

Boot Up Floppy Seek
Dissable pilihan ini, sebab jika enable maka system akan membutuhkan waktu untuk mencari floppy drive yang sebenarnya hal ini tidak perlu.

Delay
Beberapa Sistem membiarkan ada tenggat waktu saat proses booting setelah computer dinyalakan. Rubah menjadi of. Tetapi bila ada gangguan pada penggunaan delay ini bisa diubah lagi pada mode on.

3.Pengaturan registry yang tepat dengan menggunakan Registry First Aid. Software ini bisa didownload DISINI
Ups, tetapi tunggu dulu laukakanlah backup data agar anda dapat mengembalikannya ke posisi semula komputer Anda. Caranya klik kanan MyComputer > pilih export > pilih directory tempat menyimpan backup. Beri nama file back up tersebut, kemudian klik save. Selesai. Bila ingin mengembalikan kondisi registry seperti semula klik ganda backup file registry tadi. And finish…..

4.Mempercepat Shutdown
Berikut ini adalah tips untuk mempercepat Shutdown :
    Menghapus paging file. Paging file digunakan untuk menyimpan temporary files dan data. Tetapi saat komputer dimatikan , informasi tentang file tersebut masih tertinggal. Untuk alasan keamanan kita bisa menghapus paging file sehingga komputer akan memerlukan waktu untuk melakukan penghapusan paging file, sehingga waktu shutdownpun akan menjadi lebih lambat. Nah agar waktu shutdown bisa lebih cepat, kita bisa mengatur agar komputer tidak menghapus paging file sehingga waktu shutdownpun bisa lebih cepat.

Untuk mengatur komputer shutdown tanpa menghapus paging file, masuklah ke regedit dan pergi ke
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management
Ubah angka dari ClearPageFileAtShutdown menjadi 0. Restart computer anda.

Matikan beberapa service yang tidak perlu. Caranya Klik icon Start Windows 7 lalu dikotak search ketik services. lalu enter.
Matikan lah yang tidak terpakai seperti Print Spooler apabila anda tidak memakai printer di komputer anda.

Itulah tips agar proses booting dan shutdown dapat berjalan dengan cepat. Jangan lupa berkomentar apabila ada yang mau ditanyakan. Terimakasih sobat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar