Perombakan kurikulum untuk tahun ajaran 2013/2014

pemberitaan Perombakan kurikulum untuk tahun ajaran 2013/2014 akan diberlakukan untuk siswa dari jenjang sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah atas (SMA).
yang kita tahu, jumlah mata pelajaran untuk jenjang SD dipadatkan menjadi enam mata pelajaran. masalah Berkurangnya jumlah mata pelajaran pada tingkat SD ini diakibatkan agar mata pelajaran IPA dan IPS tidak lagi berdiri sendiri, tetapi terintegrasi dengan mata pelajaran wajib lainnya.
Ada dua alternatif yang dikemukakan pada penerapan kurikulum baru untuk pendidikan dasar ini. Pertama, IPA dan IPS tidak berdiri sendiri sebagai mata pelajaran untuk kelas I hingga kelas VI. Kedua, IPA dan IPS akan berdiri sendiri sebagai mata pelajaran saat siswa masuk kelas IV sampai kelas VI.

Dengan pendekatan tematik integratif ini, anak-anak tingkat SD ini akan belajar sesuai dengan tema yang dipilih oleh gurunya secara teratur tiap minggu. Tema yang diangkat tersebut akan menjadi penggerak mata pelajaran yang lain. Pendekatan kurikulum yang akan dilakukan untuk pendidikan dasar ini juga membutuhkan guru yang kompeten dan kreatif. Nantinya guru akan diberi buku acuan untuk memilih tema dan mengembangkannya. Anak-anak juga sesekali akan diajak keluar kelas untuk observasi langsung terkait tema yang diangkat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar