Menjaga Keamanan Password yang baik di Dunia Internet

Password itu adalah kombinasi beberapa huruf dan angka yang terkadang sering kita abaikan tingkat keamanannya. Padahal setiap kita berada di dunia maya, hampir kita akan selalu bertemu dengan “password”. Misalnya saja password email kita, password facebook hingga password yang lainnya. Password memang menjadi kunci utama dalam keamanan account kita di dunia internet. Namun terkadang beberapa orang mengabaikan dan melupakan fungsi penting dari tingkat keamanan password ini. Untuk itu berikut ini adalah beberapa tips bagaimana melindungi password online kita agar tetap aman dari incaran “mata – mata” internet.

  1. Buatlah password yang sulit untuk ditebak : Hampir sebagian orang menggunakan kombinasi tanggal, bulan dan tahun lahirnya untuk dijadikan sebagai password mereka. Terkadang malah hanya menggunakan namanya saja atau mungkin beberapa angka kembar. Hal ini memang memudahkan kita dalam mengingat password..namun juga menjadi boomerang bagi kita karena password model ini sangat mudah ditebak. Jika password model ini kita gunakan di account bank, maka hal ini bisa menjadi hal yang berbahaya. Untuk mengatasinya, kita harus membuat password yang random dan sulit ditebak. Bahkan sebaiknya kita menggunakan password yang berbeda untuk setiap account yang kita miliki. Menggunakan password random yang sulit ditebak apalagi berbeda-beda tiap accout bisa menyulitkan kita untuk mengingatnya. Untuk itu kita bisa menggunakan software password manager seperti Password Safe atau jika kita menginginkan password manager yang portable, kita bisa menggunakan Keepass Password Save portable. Dengan software Password Manager tersebut kita tidak perlu mengingat semua password masing-masing account kita. kita hanya cukup mengingat 1 master password saja.
  2. Gunakan Password yang berbeda untuk tiap account : Menggunakan password yang berbeda untuk tiap account bisa merupakan salah satu cara ampuh mengamankan password kita dan account kita dari tindakan pencurian online. Minimal kita harus membedakan password account penting dengan account standar. Misalnya kita harus membuat password di account bank berbeda dengan password facebook atau password game online yang sering kita mainkan. Akan lebih baik lagi jika setiap account memiliki password yang berbeda. karena ada banyak situs phising maupun situs palsu yang mengharuskan kia mendaftar dan memakai username atau password. Saat kita mendaftar di situs phising atau situs “palsu” dan memasukkan username berikut passwordnya, maka si “pencuri” tahu username dan passwor kita. Dan jika ternyata password tersebut sama dengan password account bank maupun account-account penting lainnya..maka hal ini juga menjadi hal yang sangat berbahaya.
  3. Waspada saat menggunakan Komputer Umum : sebagian besar orang masih menggunakan komputer umum saat berinternet, seperti warnet, komputer di sekolah dan komputer umum lainnya. Jika kita termasuk pengguna komputer umum saat berinternet, maka tidak ada salahnya untuk mengantisipasi beberapa hal buruk yang mungkin terjadi. Seringkali komputer umum seperti warnet telah terinfeksi beberapa malicious software yang bisa mencuri password kita kapan saja. Untuk mengatasinya, selalu scan komputer umum tersebut menggunakan antivirus portable yang kita bawa dari rumah, seperti ClamWin antivirus portable dan yang lainnya. kita juga bisa menggunakan software-software portable seperti aplikasi office portable, browser portable, Internet Messaging (IM) portable dan software-software portable lainnya yang kita bawa sendiri di flash disk atau hardisk eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar