Keamanan dalam menggunakan Jejaring Sosial

Internet sudah menjadi bagian kegiatan sehari-hari bagi kita. Apalagi sejak adanya social network seperti facebook, twitter, Google Plus dan lain-lainnya. internet menjadi populer di kalangan masyarakat kita. Memang dengan adanya social network tersebut internet bisa menjadi tempat yang menyenangkan, mulai dari mencari teman, mencari pekerjaan, hingga bereuni dengan teman lama. Namun hal itu seringkali dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal yang berbahaya dan bisa merugikan kita. Untuk itu kita harus mengenali beberapa kemungkinan bahaya yang mungkin saja kita hadapi saat online serta bagaimana cara mengatasinya.

social network seperti facebook, twitter, Google Plus dan lain-lainnya sering dimanfaatkan beberapa pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan spam, phising maupun serangan yanng lainnya.

Bagaimana serangan spam, phising maupun serangan yanng lainnya ini terjadi ? salah satu contoh serangan ini bisa berupa sebuah pesan yang kita terima di inbox social network yang biasa kita gunakan seperti facebook. Pesan ini berasal dari salah satu teman kita dan menawarkan sesuatu yang menarik seperti hadiah dan sebagainya. Kemudian ada link suatu situs yang meminta kita untuk mengunjunginya. Saat kita percaya terhadap link tersebut, kita kik link tersebut dan diredirect ke suatu halaman yang sebenarnya itu adalah halaman phising.

Misalnya saja kita diredirect ke halaman yang mengharuskan untuk login lagi atau bahkan kita diarahkan ke salah satu situs yang akan menginfeksikan trojan horse untuk mencuri data-data pribadi kita via internet.

Kebanyakan pesan spam yang seolah-olah dikirim oleh teman kita tersebut sebenarnya bukanlah berasal dari teman kita. Terkadang teman kita yang sebelumnya telah terinfeksi oleh malicious attack tersebut akan secara otomatis mengirimkan email ke semua teman-teman di social network mereka, termasuk kepada kita dan begitu seterusnya, hingga si penyerang memperoleh banyak data yang bisa mereka pilah untuk mereka manfaatkan.

Untuk mengatasi masalah jebakan pada jejaring sosial ini, maka kita harus waspada. Jangan mudah percaya jika ada pesan yang menawarkan begitu banyak hadiah yang mengharuskan kita mengunjungi salah satu situs tertentu. Selain itu kita juga harus mulai sedikit rajin mengganti password kita, karena kini dikabarkan serangan online melalui media jejaring sosial ini kian marak. Dan jangan pernah klik link yang tidak jelas tujuannya, mending kita copy link tersebut dan paste secara manual di browser agar anda tahu ke mana arah link tersebut sebelum kita memutuskan untuk mengunjunginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar