Mengenal Virus Komputer itu Apa ?

buat yang punya komputer dan laptop apalagi yang hobinya internetan, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya virus komputer. Hampir semua virus komputer dibuat dan ditulis dengan tujuan yang “jahat”. Biasanya virus akan menginfeksi dan mengubah suatu program yang sudah kita install sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada data-data maupun program kita. Bahkan banyak juga virus komputer yang bisa membuat semua data di hardisk kita tidak bisa diakses lagi dan rusak total.

Virus komputer hanya menyerang bagian software dari komputer seerti OS atau operating system, file data, software aplikasi, email dsb. Tapi kabarnya virus hampir tidak dapat menyebabkan kerusakan pada hardware komputer kita.

virus komputer menginfeksi komputer kita dan menyebarkan dirinya dengan berbagai macam metode. Beberapa virus menyebarkan dirinya dengan menyusup ke installer program-program populer dan game-game terkenal. Ada pula yang mengelabui pengguna komputer dengan mengunakan nama dan ikon yang menarik serta menggoda. media penyebarannya pun berbeda-beda, bisa lewat email, flashdisk, installer dll.

Jika user berhasil dikelabuhi dan menjalankan program yang telah disusupi virus komputer, maka virus tersebut akan segera menempati memori dan mencari data tentang software, program maupun file-file yang ada di komputer kita. Jika sudah menemukan program yang sesuai dengan targetnya..virus akan memodifikasi program tersebut dengan memasukkan kode – kode tertentu. Jika program yang telah diinfeksi tersebut dijalankan, maka virus akan menginfeksi program lainnya dan siklus tersebut berlangsung terus-menerus. Memang tidak semua virus komputer bekerja sama persis seperti itu. Namun kebanyakan virus mempunyai siklus yang demikian. Karena itulah kenapa virus cepat sekali berkembang di komputer kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar