Cerita dibalik kesuksesan PC


Kali ini saya akan berbagi mengenai cerita dibalik kesuksesan personal computer (pc) yang mampu berkembang sangat pesat sampai saat ini.
Semoga kita dapat memetik hikmah dari cerita sukses berikut.

Adam Osborne adalah salah seorang yang memegang peranan penting dalam sejarah awal pembuatan Personal Computer (PC). Ia dilahirkan di Thailand pada 1939, dan menghabiskan masa kecilnya di Tamil Nadu, India Selatan, bersama kedua orang tuanya yang berkebangsaan Inggris. Ia pindah ke Inggris saat berusia 11 tahun. Pada tahun 1961 ia llulus dari Universitas Birmingham, Inggris, sebagai sarjana  bidang teknik kimia. Kemudian ia pindah ke Amerika Serikat dan menyalasaikan pendidikannya di Universitas Delaware dan memperoleh gelar doctor bidang teknik kimia. Lalu ia bekerja di perusahaan pertambangan minyak Shell Oil.

Pada awal 1970-an, ia bekerja sebagai penulis buku panduan mikroprosesor milik sebuah perusahaan computer. Osborne tetap meneruskan pekerjaan lepasnya sebagai penulis sampai tahun 1972 ia mencoba karyanya antara lain The Value of Power, yang kemudian mengubah judulnya menjadi An Introduction to Microkompouters. Ia mecoba menawarkan bukunya kepada penerbit. Namun, sayangnya buku itu ditolak.
Osborne tidak mudah putus asa. Lalu, ia memutuskan untuk mencoba menerbitkan bukunyaitu sendiri. Lima tahun kemudian, penerbit Osborne Books telah menerbitkan lebih dari 40 judul buku tentang computer. Lalu pada 1979 karena sesuatu hal, Osborne menjual perusahaan penerbitannya kepada MCGraw-Hill.

Ia mulai berpikir bahwa suatu saat nanti perusahaan komputer yang ada saat itu pasti akan mengerti tentang konsep-konsep (ide-ide) yang ada di kepalanya. Namun, perusahaan computer yang ada belum siap dengan konsep-konsepnya. Setelah menjual perusahaan penerbitnya, Osbornepun mulai mengalihkan tenaganya untuk mendesain computer yang portable, menarik, mudah digunakan dan kuat. Pada maret 1980, ia mendapat tawaran untuk mengembangkan hardware dan software yang murah. Ia berupaya untuk mempublikasikan software yang murah untukmenyaingi software-software mahal yang sedang ada dipasaran saat itu. Sayangnya, ada perusahaan yang menuntutnya karena pelanggaran hak paten, dan pengadilan bagaimana membuat computer portable yang memberikemudahan-kemudahan untuk para pengguna computer. Adam Osborne meninggal di Kordiakanal, India selatan, pada25 Maret 2003 setelah mendarita penyakit yang berkepanjangan pada otaknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar