Hari Raya Pagerwesi untuk Umat Hindu

Hari Raya Pagerwesi yang jatuh setiap 210 hari merupakan rangkaian Hari Raya Saraswati, hari lahirnya ilmu pengetahuan yang jatuh pada hari Sabtu (16/6), kata Ketua Program Studi Pemandu wisata Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar Dr I Ketut Sumadi M.Par di Denpasar, Rabu (20/6/2012). Ia mengatakan, umat Hindu pada Hari Pagerwesi mengadakan upacara keagamaan dengan menghaturkan sesaji serta rangkaian janur, bunga dan buah-buahan (banten) di tempat suci rumah keluarga masing-masing (merajan). 
Pagerwesi merupakan momentum untuk mengingatkan umat terhadap Tuhan Yang Maha Esa penguasa alam semesta. Upaya itu dilakukan dengan cara bakti maupun pengorbanan suci secara tulus ikhlas (yadnya).

Umat Hindu pada hari suci terbesar kedua setelah hari Raya Galungan dan Kuningan (Kemenangan Dharma) ini, juga memohon keselamatan, kesejahteraan dan bimbingan ke jalan yang benar serta mampu menegakan kebenaran sesuai ajaran agama dan hati nurani. Sementara itu suasana Bali khususnya kota Denpasar dan sekitarnya, pada saat umat Hindu memperingati Hari Pagerwesi tampak lenggang, karena sekolah dari seluruh jenjang pendidikan sedang menikmati liburan panjang setelah kenaikan kelas. 
Sementara perkantoran instansi pemerintah dan perusahaan swasta memberlakukan hari fakultatif (libur lokal) untuk memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan yang beragama Hindu untuk melaksanakan rangkaian kegiatan ritual
sumber : inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar