10 Manfaat Lain dari Jaringan Wi-Fi Selain Internet

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.
Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Namun, Wi-Fi punya kelebihan lain selain untuk koneksi internet, diantaranya :
1. Untuk keamanan
Aplikasi seperti Find My iPhone menggunakan Wi-Fi untuk mencari iPhone jika kalian lupa meletakannya atau jika dicuri. keberadaan perangkat dapat dipantau melalui Wi-Fi. Aplikasi seperti Prey bisa kita gunakan untuk iPhone. Prey akan mencari lokasi (melalui laptop/komputer) dimana ponsel kita berada dan jika dicuri apa yang sedang dilakukan oleh si pencuri oleh ponsel kita.
2. Telepon kita bisa tahu ketika kita ada di rumah
Tasker memungkinkan memulai layanan atau menjalankan aplikasi setiap kali Anda pulang ke rumah. ATasker profil dapat mendeteksi ketika Anda kembali ke rumah karena Anda terhubung ke jaringan rumah Anda.
Contohnya, jika dikantor/sekolah/kampus Anda menggunakan profil ‘silent’, tapi ketika tiba dirumah Tasker dapat langsung mengubah profil menjadi ‘ringing’
3. Share file dengan komputer lain
Penyedia penyimpanan file online – seperti Dropbox – memungkinkan foto, dokumen, dan video mana saja dan berbagi dengan mudah menggunakan jaringan Wi-Fi jika kedua pengguna memiliki account Dropbox. Ini merupakan metode (dan lebih aman) alternatif daripada menggunakan ‘shared folder’
4. Berguna sebagai router nirkabel
Sebuah aplikasi yang disebut PdaNet dapat mengubah iPhone atau android ke router Wi-Fi yang berguna untuk PC atau MAC. Menjadi perantara laptop/komputer.
5. Stream audio ke speaker
Penggemar Apple memiliki pilihan terbaik untuk bermain musik mereka (pada speaker ada) di rumah mereka, sebagai Apple AirPort Express router adalah sedikit besar kit untuk streaming musik ke speaker.
6. Streaming film ke TV
Wi-Fi memiliki potensi untuk menjadi hiburan masa depan rumah. Media server dapat streaming video melalui Wi-Fi untuk setiap HTPC lainnya, Xbox / Playstation-diaktifkan TV di rumah. Ada sejumlah sistem operasi, aplikasi, dan protokol untuk mendapatkan film secara nirkabel dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
7. Mentransfer foto dari kamera digital
Kartu Eye-Fi adalah kartu memori tanpa nirkabel. Ini pada dasarnya adalah persis seperti kartu SDHC – tetapi dengan manfaat yang fantastis ketika kamera sedang dalam jangkauan jaringan tertentu, foto dan video akan tertransfer ke komputer/laptop.
8. Mengirim sesuatu yang akan diprint ke printer
Kita bisa langsung mengirimkan file kapada printer, namun printer tentunya harus ada fasilitas WiFi nya.
9. Mengubah Smartphone menjadi remote control
Aplikasi remote memungkinkan iTunes dan Apple TV harus dikendalikan menggunakan iPhone, iPod touch, atau iPad melalui jaringan Wi-Fi. Anda dapat memilih playlist, lagu, dan album seolah-olah sedang duduk di depan komputer atau Apple TV. Gmote Android berubah menjadi remote control untuk komputer. Namun fitur ini hanya masih ada untuk ponsel tertentu seperti Aple dan Samsung.
10. Sinkronisasi Ponsel Anda tanpa USB
Wi-Fi bisa juga diandalkan untuk sinkronisasi antara ponsel dengan laptop/komputer. Namun, untuk saat ini harus menggunakan aplikasi-aplikasi tambahan dan masih terpaku pada beberapa jenis ponsel saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar