Cara Agar Anak Senang dalam Membaca

Buku itu adalah jendela ilmu, jadi untuk membaca perlu dijadikan salah satu kegiatan wajib pada waktu anak-anak masih kecil. tapi Sayangnya, karena begitu banyak alasan anak tidak suka membaca. Sebagai orang tua sendiri, kita bisa melakukan berbagai trik untuk membiasakan anak gemar membaca. Misalnya, kita bisa membacakan buku cerita untuk anak, dan membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan dari yang biasanya.
  1. Beri contoh dengan rajin membaca. Anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Sebelum meminta anak untuk rajin membaca, kita lebih dulu harus gemar membaca. Ajak mereka membaca setiap hari, walaupun hanya satu jam setiap harinya. Dengan cara ini, anak akan menganggap membaca adalah kegiatan yang penting dan harus dilakukan. 
  2. Ciptakan tempat yang nyaman untuk membaca, misalnya kursi yang empuk, atau sofa dengan bantal empuk. 
  3. Biarkan anak memilih buku yang akan dibaca. Hal ini akan membantu kita untuk tetap membuat anak tertarik pada buku bacaan sekaligus membuat mereka merasa berguna. Mengunjungi perpustakaan secara rutin akan membantu proses pemilihan buku yang dibaca menjadi lebih mudah dan menyenangkan
  4. Bicarakan tentang sampul buku. Anak biasanya akan memilih buku dengan desain sampul yang menarik dan lucu. Ajak mereka untuk menebak isi buku dari penampilan sampulnya. Siapa saja tokoh ceritanya, atau siapa yang menjadi “penjahatnya”
  5. Sering menonton film asing, dimana sang tokoh membacakan dongeng dengan mengubah intonasi suara yang berbeda untuk setiap karakternya? Sesekali lakukan hal ini untuk menambah ketertarikan anak saat membaca buku. Pastikan kita tidak membacanya terlalu cepat agar mereka bisa memahami isi cerita kita. 
  6. Tunjukkan gambar-gambar menarik ketika membacakan buku cerita. Gambar tidak hanya membuat anak lebih terpaku pada isi buku, tetapi juga membantu mereka untuk lebih memahami perilaku tokoh-tokohnya, dan jalan ceritanya. 
  7. Setelah membacakan buku, ceritakan kembali pesan moral dalam cerita tersebut. Beri penekanan pada kata-kata penting yang bisa bermanfaat untuk mereka. 
  8. Cobalah untuk menghubungkan kisah di dalam buku, dengan realita dalam kehidupan kita dan anak. Berikan contoh bagaimana anak harus bertindak ketika menghadapi sesuatu, berdasarkan apa yang dilakukan tokoh dalam cerita. 
  9. Memancing sifat kritis anak terhadap buku dengan memberikan beberapa pertanyaan seperti, “Cerita mana yang kamu suka?”, atau, “Cerita mana yang tak kau suka?”, atau “Apa yang kamu pelajari dari cerita ini?” 
  10. Berikan variasi pada aneka bacaan yang kita pilih, agar anak tidak bosan saat mendengarkan kita bercerita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar