Pengumpulan dan Analisis Data

Pengumpulan data dilakukan dengan meminta kesedian para responden untuk berpartisipasi dalam penelitian ini, kemudian menyampaikan perangkat kuesioner penelitian untuk diisi oleh para responden.

Metode Analisis Data Untuk menganalisis data dari penelitian digunakan teknik analisis statistik, yaitu; statistik deskriptif, dan statistik inferensial.

Teknik statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan variabel-variabel penelitian, yakni kepemimpinan transformasional, kualitas pertukaran pimpinan dan bawahan serta prilaku kewargaan organisasi. Untuk maksud ini digunakan analisis statistik.

Jenis rata-rata dan modus sebagai ukuran pemusatan data, dan Standar deviasi sebagai ukuran sebaran data.

Statistik inferensial selanjutnya digunakan untuk melakukan pengujian terhadap hipotesis-hipotesis.
Penelitian ini secara spesifik ingin menguji hipotesis dari hubungan yang dimediasi yang dikenal sebagai analisis jalur (path analysis).

Para ahli mengemukakan bahwa untuk menguji sebuah model mediasi diperlukan 4 kondisi pokok, yaitu 
  • Variabel independen (X) harus berkorelasi dengan variabel dependen (Y),
  • Variabel independen (X) harus berkorelasi dengan variabel mediator (M),
  • Variabel mediator (M) harus berkorelasi dengan variabel dependen (Y),
  • Bila efek M terhadap Y disingkirkan, maka X tidak lagi berkorelasi dengan Y (terjadi mediasi penuh) atau korelasi antara X dan Y berkurang (terjadi mediasi parsial).
Untuk menguji model mediasi yang sederhana maka para ahli telah merekomendasikan untuk menggunakan perangkat analisis statistik jenis regresi dengan software SPSS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar