Solusi Ketika Komputer dan Laptop terserang Virus

Biasanya kita sedikit tidak nyaman dengan komputer kita, karena menjadi lemot secara tiba-tiba, ketika menjalankan Aplikasi, bahkan ada pemberitahuan bahwa komputer kita terserang virus. Sayangnya banyak pengguna komputer yang masih bingung harus melakukan apa jika komputernya terserang virus.
ini adalah sebagian Solusi Ketika Komputer dan Laptop terserang Virus.
Antivirus Berhasil Mendeteksi Virus :
Jika antivirus kita berhasil mendeteksi virus tersebut, misalnya saja ada pemberitahuan bahwa komputer dan laptop kita terserang virus, maka hal itu sangatlah bagus. Itu berarti kita bisa membasmi atau menghilangkan virus tersebut dengan antivirus tersebut. Bahkan seringkali antivirus kita akan menghapus virus tersebut secara otomatis.
yang perlu kita ketahui bahwa adanya peringatan “virus detected” bukan berarti virus tersebut sudah aktif di komputer dan laptop kita. Bisa saja si antivirus hanya menemukan virus di file yang baru kita download, atau website yang sedang kita kunjungi. Jika kita baru saja mendownload file yang terdeteksi mengandung virus, jangan menginstallnya di komputer dan laptop.

Untuk memastikan bahwa virus atau file yang mengandung virus tersebut sudah terhapus, silahkan cek history dari antivirus kita. Jika sudah terhapus otomatis, kita tidak perlu khawatir lagi.


Catatan :
Pastikan antivirus kamu selalu up-to-date agar bisa menjaga komputer kamu dengan kuat dan ketat.

Jika kebetulan di komputer dan laptop kita belum terinstall antivirus, segeralah menginstallnya. Kita bisa mengisntall Microsoft Security Essentials dan Malwarebytes untuk penanganan pertama.


Ketika bingung memilih Antivirus yang tepat untuk digunakan, kita bisa membaca daftar antivirus terbaik sebagai referensi saat memilih antivirus dan kita bisa menanyakan teman yang mengerti betul tentang ini.

Tidak sedikit virus yang benar-benar bandel dan sulit dibasmi. Terkadang menghapusnya dengan berbagai cara tidak berhasil. Jika memang melakukan berbagai cara diatas tidak mampu membasmi virus tersebut, cobalah membasmi virus melalui safe mode. Untuk masuk di safe mode, restart komputer kita dan tekan F8 pada saat booting. Di safe mode tersebut, Windows tidak akan menjalankan aplikasi dari pihak ketiga..termasuk juga virus. Kita bisa menghapusnya secara manual atau menggunakan antivirus kita.

untuk antivirus, saya sendiri menggunakan ini :
ESET Online Scanner
AVG AntiVirus Free 2013

2 komentar: